Thanks to

RSSforward

Tim BPBD Jabar Tangani Kebakaran Lereng Papandayan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

INILAH.COM, Bandung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menerjunkan tim untuk menangani kebakaran di areal hutan lereng Gunung Papandayan seluas 15 hektare, tepatnya di Desa Cisurupan Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. BPBD yang dibantu aparat Perhutani memberikan perhatian serius guna memadamkan kobaran api di areal hutan tersebut.

Kepala BPBD Jabar Udjwalprana Sigit mengatakan, sekitar 30 personil yang diterjunkan sudah melokalisasi area pemukiman warga agar tidak terkena dampak kebakaran dan kepulan asap. Namun upayanya masih belum maksimal karena hanya melakukan pemadaman dengan memukul ranting-ranting terbakar menggunakan kayu.

"Kebakaran ini terjadi kemarin (Rabu, 22/8/2012) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Kebakaran berawal dari ranting pohon kering terbakar dengan sendirinya akibat cuaca panas. Kita sudah lakukan langkah pemadaman dengan memukuk-mukul ranting yang terbakar. Kita juga siapkan dua unit mobil Ranger yang dilengkapi alat penyemprot. Tetapi cara penyemprotan dengan mobil tidak efektif karena daya jangkau terbatas," ujar Sigit kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (23/8/2012).

Guna mencegah jatuhnya korban akibat asap kebakaran, Sigit menegaskan BPBD Jabar memberlakukan larangan kepada penduduk untuk mendekati area kebakaran dengan radius 5 Km.

"Memang jarak dari lokasi kebakaran ke pemukiman penduduk hanya 2 Km, tetapi kita lakukan antisipasi. Pokoknya 5 Km jangan masuk hutan. Kita berlakukan jarak aman. Soalnya banyak warga nakal dan nekat menerobos hutan untuk sekadar mencari kayu bakar," paparnya.[ang]

23 Aug, 2012


-
Source: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1896978/tim-bpbd-jabar-tangani-kebakaran-lereng-papandayan
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply