Thanks to

RSSforward

Inilah Prioritas RKP 2013


INILAH.COM, Jakarta - Tujuh kementerian dan lembaga (K/L) mendapat kucuran anggaran lebih dari Rp20 triliun tiap KL pada tahun 2013.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, alokasi anggaran belanja K/L serta belanja non-kementerian dan lembaga tahun 2013 difokuskan pada 5 sasaran strategis. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2013.

Kelima sasaran strategis tersebut adalah pertama, meningkatkan anggaran belanja modal untuk infrastruktur dalam rangka mendukung keterhubungan domestik (domestic connectivity), ketahanan energi dan ketahanan pangan, serta destinasi pariwisata.

Kedua, menuntaskan pelaksanaan program reformasi birokrasi dan tata kelola serta mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah.

Ketiga, memperkuat pelaksanaan program-program perlindungan sosial dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan, termasuk penguatan program pro rakyat dan sinergi antarklaster pengentasan kemiskinan dalam rangka mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI).

Keempat, meningkatkan efisiensi belanja subsidi melalui penyesuaian tarif dan pengendalian konsumsi energi dan kelima, mengantisipasi persiapan tahapan pelaksanaan Pemilu 2014.

"Berdasarkan arah kebijakan dan sasaran-sasaran strategis itulah, dalam RAPBN Tahun 2013 mendatang terdapat tujuh kementerian dan lembaga yang akan mendapat alokasi anggaran di atas Rp20 triliun," ungkap SBY dalam Pidato Pengantar Nota Keuangan di DPR, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Ketujuh kementerian dan lembaga itu adalah

1. Kementerian Pertahanan dengan alokasi anggaran sebesar Rp77,7 triliun
2. Kementerian Pekerjaan Umum Rp69,1 triliun
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp66 triliun
4. Kepolisian Negara Republik Indonesia Rp43,4 triliun
5. Kementerian Agama Rp41,7 triliun
6. Kementerian Perhubungan Rp31,4 triliun
7. Kementerian Kesehatan sebesar Rp31,2 triliun. [hid]

16 Aug, 2012


-
Source: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1895278/inilah-prioritas-rkp-2013
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply