Thanks to

RSSforward

Kebakaran Ancam Habitat Beruang Kutub di Kanada

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

INILAH.COM, Washington - Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh sambaran petir di Hudson Bay, Kanada, mengancam keberadaan habitat beruang kutub di wilayah tersebut. Kebakaran itu menghanguskan akar pohon tua dan tanah beku tempat beruang kutub betina membuat sarang mereka.

Keberadaan beruang kutub di wilayah tersebut sudah terancam oleh pencairan es di laut, yang mereka gunakan sebagai landasan untuk berburu santapan utama mereka yakni anjing laut. Di saat musim panas seperti sekarang ini, para beruang itu beristirahat di pantai Hudson Bay. Mereka tinggal di sarang yang mereka gali di tanah beku di antara akar pohon cemara. Namun, sarang mereka pun kini terancam oleh bencana kebakaran hutan.

"Kebakaran hutan di daerah itu sebenarnya sangat jarang terjadi," ujar Steven Amstrup, mantan ahli beruang kutub di U.S. Geological Survey dan kini menjadi kepala ilmuwan di organisasi nirlaba, Polar Bears International.

"Wilayah tersebut merupakan lingkungan hidup yang basah dan dingin yang tak sering terbakar," lanjut Amstrup seperti dilansir oleh Reuters.

Udara yang sangat panas dan kering di Manitoba, Kanada, dan sambaran petir mengakibatkan beberapa kebakaran di Wapusk National Park, yang dikenal sebagai wilayah habitat beruang kutub.

Menurut US National Snow and Ice Data Center, temperatur tinggi pekan ini di Churchill, Manitoba adalah 15 sampai 18 derajat Celsius, dan pada malam hari temperatur berada di atas titik beku. Data ini menunjukkan di dalam satu peta mengenai lapisan Es Kutub Utara yang disiarkan pekan ini bahwa sebagian besar Teluk Hudson tak memiliki es.

Beruang kutub betina di populasi Hudson Bay bagian barat menggunakan sarang mereka di bawah lapisan akar pohon yang tumbuh dari tanah beku di sepanjang tepi sungai dan danau. Sebagian sarang itu telah digunakan selama lebih dari 100 tahun.

Beruang kutub merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah Kanada dan AS. Populasi binatang liar bertubuh besar ini pun telah terancam keberadaannya di wilayah Alaska, AS, karena pencairan es akibat dari pemanasan global.

22 Aug, 2012


-
Source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1896410/kebakaran-ancam-habitat-beruang-kutub-di-kanada
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply