Thanks to

RSSforward

Telkomsel Tingkatkan Kapasitas Jaringan

INILAH.COM, Bandung - Menjelang Lebaran 2012, Telkomsel memastikan semua layanan tidak akan mengalami gangguan berarti. Layanan yang dimaksud adalah voice, short message service (SMS), dan data bagi 11 juta pelanggan Jabar ditambah 3 juta pelanggan dari pemudik.

"Malam ini kita menggelar video conference dengan jajaran direksi untuk mengecek status layanan pada saat peak traffic. Direksi akan menanyakan keamanan, tapi Jabar sudah memastikan tingkat keamanannya. Kita koordinasi dengan 12 titik koordinasi, diantaranya, Bakauheuni, Solo, Semarang, Pekanbaru, Medan, Palembang, Jatim," kata Head of ICT Network Management Jawa Barat Division PT Telkomsel Samuel Pasaribu kepada wartawan saat ditemui di kantor Telkomsel Regional Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Sabtu (18/8/2012).

Berdasarkan pengalaman, lanjut Samuel, malam takbiran menjadi traffic tertinggi untuk menggunakan layanan voice, SMS, dan data. Ternyata prediksi tersebut sudah mendekati kebenaran karena ada pergerakan penambahan pemakaian layanan itu.

"Kita deteksi ada pergerakan pemudik dari Jabodetabek ke wilayah Jabar, untuk kemudian bergerak ke Jateng dan Jatim. Kami catat di Jabar sudah naik 915.000 pelanggan mulai tadi pagi. Tetapi ini bukan penambahan pelanggan, tapi pergerakan pemudik," tegasnya.

Samuel menjelaskan pergerakan pelanggan terdeteksi melalui mobile switching centre (MSC) atau mesin yang meng-handle nomor aktif di satu area. Khusus Jabar termasuk unik karena kapasitasnya susah diprediksi.

Pada Lebaran ini, ujar Samuel, Telkomsel menyiapkan kapasitas untuk 15 juta pelanggan. Angka tersebut sudah termasuk untuk 11 juta pelanggan tetap yang ada di Jabar.

"Secara sesaat kita menaikkan pelanggan. Tahun lalu bisa sampai 2 juta kenaikannya sampai hari Lebaran. Pergerakan tidak bisa ditebak karena akurasinya lemah. Untuk kemarin ada kendala karena pelanggan diduga mengikuti upacara 17 agustus. Tetapi angka total 14 juta sekarang masih dibawah kemampuan kapasitas network Jabar," ucapnya.

Khusus layanan SMS, Samuel menjelaskan, Telkomsel sudah siapkan kapasitas 7.850 SMS/detik. Biasanya pada hari normal pengguna layanan SMS sebanyak 1.500 per detik.

"Sampai pukul 19.40 WIB, sudah mencapai 3.000 SMS per detik. Kita prediksi memang usai sidang itsbat, orang akan mengirim SMS. Puncak pertama setelah sidang itsbat, kedua setelah sholat I'd besok," ungkapnya.

Sementara untuk layanan data, Samuel mengaku telah menyediakan kapasitas data sebesar 15,02 tera byte dari kapasitas normal sebesar 10,9 tera byte. Hingga pukul 17.00 WIB, pemakaian kapasitas data sudah naik 30 persen.

"Treen orang tidak hanya SMS, ada yang pakai BB, chatting, whatsapp, semua hal berbasis data. Kita jamin layanan datanya hingga H+7. Kita itung sampai arus balik. Nanti diprediksi akan terpecah sehingga akan mudah memenejnya. Nggak lelet, lancar jaya," tukas Samuel.[jul]

18 Aug, 2012


-
Source: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1895820/telkomsel-tingkatkan-kapasitas-jaringan
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply