Thanks to

RSSforward

Bersihkan Makam, Tradisi Idul Fitri di China

INILAH.COM, Urumqi – Muslim di China, Minggu (19/8/2012) merayakan Hari Raya Idul Fitri ditandai dengan salat sunah berjamaah di masjid-masjid dan lapangan-lapangan.

Kantor berita Xinhua melaporkan, di Provinsi Xinjiang Uygur, sedikitnya 10 ribu ummat Islam yang berasal dari etnis Uygur, Hui, dan Kazakh, berkumpul di lapangan-lapangan sejak matahari muncul.

"Ramadan merupakan bulan suci dan Idul Fitri adalah seperti tahun baru bagi kami," ujar Ma Yucheng.

Dia datang ke Masjid sekitar pukul 07.30 supaya dapat tempat yang paling baik. Usai salat Idul Fitri, pria berusia 34 tahun itu datang ke pekuburan untuk membersihkan makam keluarganya. Setelah itu, ia kembali berkumpul bersama keluarganya. Mengunjungi makam merupakan tradisi Muslim di China.

Ma juga mengatakan, keluarganya menyiapkan makananan yang lezat di hari raya itu, termasuk menyediakan kue-kue manis, kacang-kacangan, buah-buah segar, roti, dan kambing yang baru dipotong. Di Urumqi, kendaraan-kendaraan umum mendadak membuat rute baru untuk melayani Muslim yang pergi ke masjid dan pekuburan.

Pemerintah lokal menjadikan Idul Fitri sebagai hari libur selama tiga hari untuk memberi kesempatan kepada Muslim menjalankan ibadah dan mengunjungi keluarga. [tjs]

20 Aug, 2012


-
Source: http://web.inilah.com/read/detail/1896010/bersihkan-makam-tradisi-idul-fitri-di-china
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply