Thanks to

RSSforward

MA : Kelola Manusia Tidak Gampang

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengungkapkan bahwa saat ini di lembaganya terdapat sekitar 7000 hakim ad hoc. Dimana keberadaan mereka mempunyai karakter dan sifat yang berbeda-beda. Satu hal yang kemudian membuat pihaknya cukup kesulitan dalam mengawasi keberadaan hakim-hakim ad hoc diberbagai daerah.

"Ada hakim ad hoc 7000 dan berbeda karakter. Jangankan hakim yang begitu banyak, dari KPK sendiri ada," ujarnya, Minggu (19/8/2012).

Dikatakan, mengelola manusia tidaklah segampang membalikkan tangan. Ia menekankan bahwa perilaku orang apapun, termasuk dua hakim ad hoc yang belum lama ini dicokok KPK, kembali kepada pribadinya orang bersangkutan. Karena jikapun gajinya seseorang besar akan tetapi perilakunya memang suka melakukan pelanggaran, suatu saat orang tersebut akan melakukan pelanggaran.

"Namanya manusia itu tidak gampang, makanya saya bilang kembali kepada manusia, berapapun besar gajinya kalau memang orangnya suka melakukan korupsi pasti akan melakukan," ungkap Hatta.

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan dua hakim adhoc Tipikor, Kartini J Marpaung dan Heru Kusbandono sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyuapan terkait penanganan kasus yang sementara disidang di Pengadilan Tipikor Semarang dengan terdakwa salah seorang pejabat setempat.

Kartini Marpaung dijerat diduga pasal 5 ayat 2 atau pasal 6 ayat 2, atau pasal 11, atau pasal 12 a, atau b c. Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor Jo pasal 55 ke 1 KUHP. Heru pun dijerat dengan pasal yang yang dengan rekan sejawatnya, namun ditambahkan Pasal 5 ayat 1a atau b, Pasal 6 ayat 1 huruf a atau pasal 13 UU Tipikor. [ton]

20 Aug, 2012


-
Source: http://nasional.inilah.com/read/detail/1896046/ma-kelola-manusia-tidak-gampang
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply