Thanks to

RSSforward

Pemudik Keluar Tol Cikampek Membeludak

INILAH.COM, Purwakarta - Menjelang malam hari, pada H-4 mudik Lebaran 2012 ini, jumlah kendaraan pemudik yang keluar Gerbang Tol (GT) Cikampek cukup membeludak. Terlihat, para pemudik mulai memadati ruas jalur yang menuju Pantura itu.

Berdasarkan pantauan INILAH.COM, antrean kendaraan cukup panjang di belakang gardu tol. Sehingga petugas harus memberlakukan buka tutup di Pertigaan Cikopo guna mengurai kepadatan lalulintas di Pantura.Bahkan, kemacetan di sepanjang jalur Cikopo-Mutiara-Jomin-Pantura sempat terjadi. Dengan terpaksa arus lalulintas pun banyak dialihkan ke Jalur Tengah, yakni Cikopo-Sadang-Subang-Cikamurang-Pantura.

Sementara itu, arus kendaraan sebaliknya, yakni dari Pantura menuju Tol Cikampek harus dialihkan melalui Kawasan Bukit Indah (KBI) dan kemudian masuk tol lewat GT Kalihurip. Sedangkan GT Cikampek, 14 gardu semuanya difungsikan sebagai pintu keluar, untuk menghindari antrean panjang di belakang gardu.

Menurut Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Agus Wahyudi, pada H-4 ini, lonjakan kendaraan pemudik diperkirakan meningkat 25 % dibandingkan dengan hari kemarin. Dengan kondisi demikian tidak memungkinkan untuk memaksakan kendaraan dari arah Jakarta supaya masuk ke jalur Pantura, jika di lokasi itu sudah padat.

"Malam ini terlihat ada lonjakan kendaraan. Lihat saja ekornya sampai ke Pertigaan Cikopo. Namun, jika di sejumlah titik kemacetan di Pantura sudah muali terurai, maka jalur ini kembali kita buka," ungkap Agus kepada INILAH.COM di Cikopo, Rabu (15/8/2012).

Adanya pengalihan arus yang dimulai dari pukul 18.00 WIB itu, sontak saja mengakibatkan kepadatan di Jalur Tengah. Bahkan kepadatan kendaraan sempat terjadi di Simpang Empat Sadang lantaran terjadi pertemuan arus dengan pemudik yang keluar GT Sadang.

Selain itu, kondisi ini pun diperparah dengan banyaknya masyarakat yang beraktivitas di sekitar pusat perbelanjaan Sadang Terminal Square (STS). Karena, parkir kendaraan bermotor dan angkut hingga menghabiskan bahu jalan.

Tidak mau mengambil risiko terjadi kemacetan di Simpang Empat Sadang, anggota kepolisian berusaha keras mengurai kemacetan. Bahkan, traffic light sama sekali tidak difungsikan lantaran petugas mengatur dengan cara manual.

Pantauan kembali ke GT Cikampek, sekitar pukul 20.00 WIB, Jalur Cikopo-Mutiara-Jomin-Pantura berhasil terurai sehingga rute itu kembali dibuka.[jul]

15 Aug, 2012


-
Source: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1894877/pemudik-keluar-tol-cikampek-membeludak
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply