Thanks to

RSSforward

Sebelum Mudik, Persiapkan Kesehatan dengan Matang

INILAH.COM, Bandung - Sebelum mudik, masyarakat harus mempersiapkan kesehatannya dengan matang agar perjalanan semakin nyaman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran, sebaiknya melakukan persiapan yang benar-benar matang terkait masalah kesehatan, agar perjalanan terasa nyaman dan tentunya selamat sampai tujuan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Lucyati saat dihubungi INILAH.COM melalui telepon selulernya, Rabu (15/8/2012).

Alma mengatakan sebaiknya sebelum berangkat mudik, usahakan untuk tidur yang cukup sekitar 6-8 jam. "Ini merupakan salah saatu faktor penting untuk menjaga stamina tubuh selama perjalanan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, sebaiknya pemudik tidak melakukan perjalanan dalam kondisi lapar. Makanlah sebelum berangkat. Bila pemudik berniat puasa, sebaiknya saat sahur mengonsumsi makanan yang bergizi, mengandung banyak karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga.

Lebih lanjut dia menuturkan tambahan asupan multivitamin atau suplemen tubuh juga baik untuk menambah stamina dan membuat tubuh tetap fit selama perjalanan mudik.

"Bawalah bekal makanan dan minuman untuk perjalanan Anda. Pilih jenis makanan yang bersih dan tahan lama. Sementara untuk minuman, bawalah minuman hangat dan manis," ungkapnya.

"Tidak hanya itu, pemudik diharapkan jangan membeli makanan yang banyak dijual di pinggir jalan, karena kemungkinan besar makanan tersebut telah terkontaminasi debu, kotoran dan kuman. Serta jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan. Simpan dalam tas kecil agar mudah terlihat dan dijangkau ketika diperlukan sewaktu-waktu," paparnya.

Tangan merupakan tempat menempelnya berbagai virus dan kuman, kata dia, karena itu jauhkan jari-jari tangan dari mata, mulut dan hidung. "Dan rajin-rajinlah mencuci kedua tangan, terutama setelah melakukan kontak fisik dengan penderita atau tempat–tempat yang rentan terkontaminasi kuman dan virus," tuturnya.

Alma menambahkan untuk menjaga diri dan terhindar dari serangan kuman penyakit, tidak ada salahnya pemudik menggunakan masker selama perjalanan mudik.[jul]

15 Aug, 2012


-
Source: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1894869/sebelum-mudik-persiapkan-kesehatan-dengan-matang
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply