Thanks to

RSSforward

Jelang Lebaran, Gepeng Meningkat 50 Persen

INILAH.COM, Padang - Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri 1433 H, menjadi momen berharga bagi para gelandangan dan pengemis (gepeng), untuk meraup penghasilan dengan mengadu peruntungan di jalanan Kota Padang.

Bahkan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang memperkirakan, 2.500 orang lebih gepeng menyebar di beberapa tempat di ibukota provinsi ini.

"Selama bulan Ramadan peningkatan anak jalanan, gepeng sangat tajam. Bahkan diperkirakan melonjak 50 persen lebih dari hari-hari biasanya," tutur Kepala Dinsosnaker Kota Padang, Haryadi Dahlan Bakri kepada Haluan, Selasa (14/8).

Dari Pantauan Haluan, di beberapa perempatan jalan utama, terlihat lima hingga belasan gepeng. Apakah itu pengemis, pengamen, dan anak jalanan.

Sejumlah perempatan yang menjadi tempat favorit di antaranya, perempatan Jalan Khatib Sulaiman - Jalan Raden Saleh, perempatan Jalan S Parman-Jalan Khatib Sulaiman, perempatan Ujung Gurun, perempatan Jalan Bagindo Aziz Chan, dan sekitar RTH Imam Bonjol, serta perempatan A Yani-Veteran.

Pada petang hari, saat menjelang berbuka, para gepeng itu mendatangi tempat-tempat jajanan pabukoan, serta rumah-rumah makan.

Selain dengan cara meminta-minta, mereka ada yang memakai modus proposal permohonan donasi serta mengamen dengan alat musik seadanya.

"Sebagian gepeng ini datang dari daerah kabupaten/kota terdekat, seperti Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Solok. Bahkan yang datang dari Muko-muko juga ada," terang Haryadi.

Kecenderungan meningkatnya gepeng saat menjelang Lebaran ini, lanjutnya, karena umumnya umat muslim lebih pemurah hati, dan gemar berbagi saat bulan Ramadan.

"Fenomena ini bukan hanya terjadi di Padang. Di kota-kota lain juga bukan merupakan persoalan yang baru. Akan tetapi, hal ini perlu kita pikirkan bersama, karena ini masalah mental," ulasnya.

Haryadi mengaku, pihaknya tetap akan melakukan pembinaan kepada para gepeng tersebut. Karena dengan terjadinya lonjakan seperti ini akan mengurangi rasa nyaman umat muslim merayakan Idul Fitri.

"Selama bulan Ramadan ini aktivitas dan kedatangan mereka terus kami pantau. Kami juga melakukan pembinaan kepada mereka dan menegur bila perilaku gepeng dan anak jalanan ini mulai meresahkan masyarakat," tukasnya.

15 Aug, 2012


-
Source: http://sindikasi.inilah.com/read/detail/1894551/jelang-lebaran-gepeng-meningkat-50-persen
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply