Thanks to

RSSforward

Kerusuhan Landa Kota di Prancis Utara

Oleh: Bachtiar Abdullah

INILAH.COM, Amiens, Prancis -- Ratusan pemuda Prancis membakar bangunan dan mobil serta bentrok dan melukai 16 polisi selama kerusuhan Selasa malam (14/8/2012) di kota Amiens di Prancis utara.

Polisi Prancis melaporkan, bentrokan yang melibatkan sekitar 100 perusuh dan 150 polisi , mulai meletup sekitar pukul 21:00 hari Senin (13/8/2012) dan berakhir sekitar pukul 4:00 Selasa.

Setidaknya tiga orang yang menyaksikan kerusuhan itu ikut terluka setelah para perusuh yang merampas mobil diangkut polisi, Associated Press melaporkan. "Bentrokan ini sangat, sangat keras," kata Walikota Amiens, Gilles Dumailly, kepada jaringan televisi Prancis.

Media Prancis memberitakan, salah satu peristiwa yang memicu kerusuhan itu adalah penangkapan orang-orang yang melakukan kebut-kebutan. Penangkapan itu oleh banyak warga setempat dianggap tidak sensitif dan tidak perlu dilakukan dengan kekerasan, ujar salah satu warga saat menghadiri pemakaman pemuda berusia 20 tahun yang meninggal dalam kecelakaan sepeda motor.

Sebuah pusat rekreasi dan dua gedung sekolah dihancurkan, termasuk selusin mobil dibakar, kata para pejabat setempat.Para perusuh mengunakan tong sampah menyala sebagai barikade, dan melemparkan benda-benda berat pada polisi. Polisi bereaksi cepat dengan melempar gas air mata, peluru karet dan mengirim helikopter.

Kota Amiens pernah dilanda kerusuhan di masa lalu. Kerusuhan di kota ini kerap terjadi akibat tingkat pengangguran yang tinggi, munculnya ketegangan rasial serta polisi Prancis yang terlalu agresif.

Distrik Amiens adalah salah satu di antara 15 kota yang paling bermasalah di Prancis pada awal bulan ini. Pemerintah Prancis berjanji akan menambah jumlah polisi dan anggaran keamanan di Amiens.

Walikota Dumailly berharap meningkatnya ketegangan di kotanya akan diredam dengan memperbaiki perumahan dan menawarkan pelayanan yang lebih baik kepada warga Amiens.

Pada tahun 2005, di Prancis menyala kerusuhan terburuk di perkotaan dalam 40 tahun, yang menyebabkan dikeluarkannya peraturan keadaan darurat oleh kubu tengah-kanan pemerintah negara itu. Seluruh lingkungan Amiens dibakar selama hampir sebulan.

Tahun 2007 kematian dua pemuda tertabrak mobil polisi memicu gelombang kekerasan di kota Amiens. Kerusuhan berkobar lagi pada tahun 2010 ketika polisi menembak dan membunuh seorang pemuda yang telah merampok sebuah kasino. [tjs]

15 Aug, 2012


-
Source: http://web.inilah.com/read/detail/1894555/kerusuhan-landa-kota-di-prancis-utara
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Categories:

Leave a Reply